Irlandia Memberikan Dukungan pada Upaya Perdamaian Palestina

Irlandia Memberikan Dukungan pada Upaya Perdamaian Palestina

Irlandia Memberikan Dukungan pada Upaya Perdamaian Palestina – Konflik yang terjadi di Palestina tepatnya di jalur Gaza hingga saat ini masih belum dapat dicari solusi terbaiknya. Pasalnya hingga kini Palestina masih terus memperjuangkan kemerdekaannya yang berdaulat untuk bisa mengubah berbagai tatanan kenegaraan meliputi ekonomi, sosial hingga sistem pemerintahan yang ada. Perjuangan yang dilakukan oleh Palestina untuk membebaskan diri dari kepungan Israel hingga kini masih mendapatkan banyak sekali dukungan dari berbagai negara. Salah satu negara yang mendukung perdamaian Palestina adalah Irlandia. Sebagai salah satu negara Uni Eropa, Irlandia hadir dengan memberikan dukungan penuh atas Palestina agar bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki negara yang aman dan juga damai serta jauh dari konflik yang sudah menewaskan banyak sekali orang yang tidak berdosa.

Dukungan yang diberikan oleh Irlandia terhadap Palestina dalam mewujudkan impian yang dimiliki olehnya. Dukungan yang diberikan oleh negara tersebut bahkan telah terjadi sejak lama yakni sejak tahun 1950-an. Hingga saat ini Irlandia masih mendukung Palestina dan mengecam segala tindakan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Irlandia dalam mendukung pembebasan Palestina dari Israel yang kian lama kian mengeksvansi sebagian besar bagian dari Palestina. Selain itu Irlandia juga sampai mengeluarkan suara mengenai pemboikotan ekonomi terhadap Israel karena mereka tidak setuju dengan yang dilakukan oleh Israel.

Meskipun hingga saat ini Irlandia telah berhasil melakukan pemboikotan ekonomi terhadap Israel, namun Irlandia sejauh ini belum melakukan intervensi secara langsung kepada konflik yang terjadi antara Israel dan juga Palestina yang semakin lama semakin panas saja. Komitmen irlandia dalam mendukung kedaulatan Palestina sebagai sebuah negara ini tak lepas dari nilai historical yang dimiliki oleh negara tersebut. Pasalnya negara tersebut khususnya yang berada di wilayah utara merupakan salah satu negara yang mengalami konflik karena agama yang terjadi antara Katolik dan juga Protestan. Konflik tersebut pun berlangsung sangat alot dan juga panjang sekali. Namun konflik panjang itu akhirnya bisa diredam dengan berbagai upaya perdamaian yang dilakukan.

Perjuangan yang dimiliki oleh Irlandia untuk membentuk sebuah negara yang berdaulat nampaknya sangat mempengaruhi pandangan mereka kepada Palestina. Sehingga dukungan pun terus dilakukan agar Palestina bisa mendapatkan hak-hak yang direnggut akibat konflik yang terjadi selama ini. dalam perjalanannya mendukung Palestina, Irlandia juga pernah menurunkan pasukan ke Lebanon pada tahun 1978-2000 dalam upaya perdamaian. Akibat dari dukungan tersebut Irlandia pun sudah kehilangan banyak prajurit yang diturunkan untuk membela Palestina yang sedang berkonflik dengan Israel. Namun, meskipun demikian Irlandia tidak pernah menyesal membantu Palestina, bahkan mereka terus melakukan berbagai upaya yang dapat mendukung Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya yang berdaulat.

Dalam hal ini Irlandia merupakan negara Uni Eropa pertama yang mendukung Palestina dalam konflik yang berkepanjangan ini. berbagai dukungan yang diberikan oleh Irlandia kepada Palestina untuk mendukung perdamaian adalah dengan menerima kehadiran pengungsi yang berasal dari Palestina, melakukan aksi boikot pada ekonomi Israel, serta memberikan dukungan politik terhadap perjuangan yang dilakukan oleh Palestina. Berbagai upaya untuk mendorong perdamaian antara kedua negara yang terlibat konflik ini terus dilakukan oleh irlandia hingga saat ini. Namun, meskipun demikian Irlandia tetap menjalin hubungan yang baik dengan Israel dalam bentuk kerja sama ekonomi yang terjadi diantara keduanya yang tetap stabil. Irlandia lebih sering melakukan soft diplomacy dalam mendukung perdamaian Palestina-Israel.

Leave a comment