Fungsi Lembaga Sosial Irlandia

Fungsi Lembaga Sosial Irlandia

Setiap negara seperti halnya Irlandia pastinya memiliki beberapa lembaga, salah satunya lembaga sosial. Lembaga ini dibentuk berawal dari kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih teratur. Dengan kata lain, adanya lembaga sosial ini membantu masyarakat agar melangsungkan hidupnya sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Namun, tahukah Anda apa itu lembaga sosial? Ya, lembaga sosial merupakan lembaga yang berfungsi untuk mengatur prosedur atau tata cara dalam menjalin hubungan dengan manusia lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya fungsi lembaga sosial Irlandia, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Faktor Berdirinya Lembaga Sosial

Tahukah Anda faktor apa yang mendukung adanya lembaga sosial Irlandia? Umumnya, salah satu faktor didirikannya lembaga sosial yaitu sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Lalu, bagaimana cara mewujudkan nilai sosial tersebut? Tentunya bisa dengan membuat aturan-aturan tertentu, yang mana bertujuan untuk membatasi perilaku manusia agar tidak sewenang-wenangnya.

Jika setiap masyarakat bisa menjalani hidup sesuai dengan aturan yang berlaku, tentunya tidak akan menyulitkan justru membuat hidup lebih tenang. Banyaknya peraturan yang dibuat tidaklah semerta untuk kepuasan pemerintah. Namun, dengan adanya peraturan ini menjadi salah satu faktor awal munculnya lembaga sosial.

Baca juga : Organisasi Keadilan Sosial untuk Anak dan Orang Muda di Irlandia

  • Fungsi Lembaga Sosial

Setelah mengetahui apa itu lembaga sosial, pasti kita penasaran fungsi dari lembaga tersebut. Mengingat adanya lembaga sosial sangatlah dibutuhkan dalam suatu negara khususnya untuk menjamin hak-hak masyarakat. Sebagaimana berikut ini ada beberapa fungsi lembaga sosial di Irlandia yang perlu diketahui.

Adanya lembaga sosial berguna untuk memberikan pedoman pada setiap masyarakat di suatu negara. Dengan kata lain adanya lembaga sosial ini mengatur masyarakat dalam bersikap atau bertingkah laku terhadap apapun yang di hadapi dalam kehidupan bermasyarakat.
Lembaga sosial juga berperan penting dalam menjaga keutuhan masyarakat di suatu negara.
Lembaga sosial berperan memberikan pengarahan kepada masyarakat agar terjadinya sistem pengendalian sosial. Lembaga sosial juga berperan aktif dalam menjamin hak-hak dari setiap masyarakat.

  • Tipe-Tipe Lembaga Sosial

Ada 5 tipe lembaga sosial yang berlaku hampir di seluruh dunia, tak terkecuali Irlandia. Adapun berikut ini tipe-tipe lembaga sosial:

– Berdasarkan sudut perkembangan

Lembaga sosial berdasarkan sudut perkembangan nya dibagi menjadi dua yaitu Cresive institution dan Enacted institusion. Yang mana Cresive institution merupakan suatu lembaga yang faktor kehadirannya dikarenakan adat istiadat masyarakat seperti halnya agama, hak milik dan lembaga perkawinan. Sedangkan Enacted institusion merupakan suatu lembaga yang faktor kemunculannya bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu seperti lembaga pendidikan.

– Berdasarkan sudut nilai

Berdasarkan sudut nilainya suatu lembaga sosial merupakan lembaga yang sangat penting demi terpeliharanya tata tertib yang berlaku di masyarakat. Baik itu berlaku di lingkungan sekolah, keluarga hingga negara. Selain itu lembaga sosial juga sangat berkaitan berkaitan dengan hal-hal yang tidak memiliki kepentingan tersendiri seperti halnya rekreasi.

– Berdasarkan sudut penerimaan

Berdasarkan sudut penerimaan lembaga sosial merupakan lembaga yang mudah sekali diterima oleh masyarakat, seperti halnya sekolah. Pasalnya Lembaga ini sangatlah dibutuhkan.

– Berdasarkan sudut penyebarannya

Lembaga sosial berdasarkan sudut penyebarannya dibagi menjadi dua yaitu general institution dan restricted institution. Yang mana general institution ini merupakan lembaga sosial yang dikenal hingga dunia seperti institusi agama. Sebaliknya restricted institution merupakan lembaga sosial yang hanya diterima oleh sebagian masyarakat seperti agama.

– Berdasarkan sudut fungsinya

Sedangkan lembaga sosial Jika dilihat berdasarkan sudut fungsinya yaitu mengatur cara-cara berperilaku masyarakat dalam kehidupannya.

Baca juga : Aksi Sosial yang Pernah Dilakukan Komunitas Muslim di Kansas City